Jumat, 22 April 2016

Menu Diet Untuk Menurunkan Berat Badan

Menu Diet Untuk Menurunkan Berat Badan - Pada dasarnya pengertian diet adalah pengaturan pola makan termasuk didalamnya jenis dan jumlahnya sesuai dengan kebutuhan orang tersebut (orang yang sedang melakukan diet). Selama ini orang awam menganggap istilah diet khusus diterapkan bagi seseorang yang bermasalah dengan kelebihan berat badannya. Padahal istilah diet tidak semata-mata mengacu pada upaya menurunkan berat badan saja, diet juga dapat diterapkan pada seseorang yang sedang dalam proses penyembuhan suatu penyakit. Contoh penderita diabetes, maka diet yang diterapkan adalah diet yang erat kaitannya dengan kemampuan tubuhnya dalam mengolah karbohidrat. 

Menu Diet Menurunkan Berat Badan
Secara umum penyebab utama kegemukan adalah terlalu banyaknya jumlah kalori di dalam tubuh, sehingga diet yang tepat diterapkan untuk menurunkan berat badan adalah diet pengurangan kalori. Sebagai analogi, ketika kita gemuk konsumsi kalorinya sebanyak 3500 kalori/hari, maka diet yang diterapkan adalah pengurangan kalori seperti misalnya menjadi 2500 kalori/hari. Pengurangan ini harus dilakukan secara bertahap dan merata, sehingga 2500kalori/hari itu tersebar diantara jadwal makan kita ( sarapan, makan siang, dan makan malam) termasuk waktu kita biasa ngemil. Intinya kontrol jumlah asupan makanan dan perhatikan jenis makanannya.

Menu diet sehat untuk menurunkan berat badan, tetap harus memperhatikan kebutuhan gizi seimbang. Karena dalam kondisi apapun, tubuh kita mutlak memerlukan semua zat gizi agar semua jaringan tubuh kita tetap dapat beroperasi secara normal. Menu diet yang menyarakan untuk konsumsi sayuran dan buah-buahan saja tanpa asupan karbohidarat, lemak atau protein adalah salah besar. Jika hal tersebut dilakukan maka tubuh kita akan kekurangan salah satu zat gizi, seperti misalnya pengurangan protein berlebihan akan berdampak fatal karena protein tidak terdapat dalam cadangan tubuh sehingga jika tubuh defisit protein maka akan ada jaringan tubuh yang mengalami kerusakan. Hal ini berbeda dengan karbohidrat dan lemak, dimana tubuh memiliki cadangan untuk kedua zat gizi tersebut.

Berikut adalah tips menu diet sehat untuk menurunkan berat badan :
  • Nasi adalah makanan pokok kita, maka kita tidak perlu menghindari konsumsi nasi dalam program dietnya. Caranya adalah dengan makan separuh nasi dari yang biasa kita konsusmi. Jika biasanya porsi yang kita ambil sekepalan tangan, maka kali ini cukup ambil setengahnya. 
  • Diet menurunkan berat badan bukan berarti kita memangkas jadwal makan kita. Tetap makan teratur sehari 3x, pilihlah makanan yang bergizi dan tentu saja rendah kalori. Beberapa ahli justru menyarankan agar makan lebih sering tapi dengan porsi yang lebih sedikit.
  • Serat sangat penting dalam proses pencernaan, untuk itu perbanyaklah konsumsi serat seperti yang terdapat dalam sayur dan buah-buahan. Diet tinggi serat juga akan membuat perut kita merasa kenyang lebih lama, sehingga keinginan untuk ngemil akan berkurang dengan sendirinya.
  • Perbanyak minum air putih, minimal 2 liter (8 gelas)/ hari dan tentu saja kurangi jenis minuman dengan kandungan gula seperti teh manis, kopi manis, juice dengan campuran gula. 
  • Untuk mengurangi porsi makan berlebihan di jadwal makan siang dan makan malam, disela-selanya usahakan makan sejenis kudapan. Tentu saja pilih kudapan yang rendah kalori, rendah lemak dan rendah gula, sebagai contoh pilihlah salad sayur atau salad buah
  • Hitunglah jumlah kalori yang dibutuhkan, dan hitung pula jumlah kalori yang kita keluarkan. Jika jumlah kalori yang masuk lebih banyak dari jumlah yang kita keluarkan maka diet anda tidak akan pernah berhasil.
  • Biasakan mengunyah makanan lebih lama dari biasanya, hingga makanan benar-benar lumat. Selain mempermudah sistem pencernaan, mengunyah lebih lama akan membuat kita merasa lebih cepat kenyang.

Setelah menu diet kita atur dengan sedemikian rupa sehingga kebutuhan gizi tubuh tetap terpenuhi, langkah selanjutnya adalah memastikan jumlah kalori yang keluar harus lebih besar dari asupan kalori yang masuk, salah satu caranya adalah dengan fatburning exercise. Yup...untuk mendapatkan kembali berat badan normal, kita tidak bisa mengabaikan olahraga. Fatburning exercise adalah olahraga membakar lemak, jenis olahraga ini bukan olahraga berat yang membuat kita ngos-ngosan sampai kehabisan nafas. Olahraga berat seperti ini tidak akan membuat lemak dalam tubuh terbakar. Fatburning exercise adalah jenis olahraga dengan intensitas ringan dan sedang.
Menu Diet Untuk Menurunkan Berat Badan

Demikian sedikit uraian dan pandangan mengenai menu diet sehat untuk menurunkan berat badan. Dalam pelaksanaanya perlu kedisiplinan dan kontinuitas, karena hasil yang diperoleh tidak akan terjadi secara instan. Namun saya percaya, setiap hasil yang diperoleh melalui proses akan membuat keberhasilan bertahan lama, intinya buat apa kurus cepat tapi selang beberapa waktu badan akan kembali melar. Akhir kata, selamat mencoba diet sehat menurunkan berat badan, semoga sukses...!!!

Distributor Obat Pelangsing WSC Biolo
Ibu Ulfah Ekawati : 087728055580 / Pin BBM 7A3FE523
Alamat Toko : Jl KH Ahmad Dahlan No 85 Ciamis